Jum’atan

Halo jeng, gi dimana? Oo dah dirumah to? Aku tadi liat kamu lo jeng, iya pas di mall tadi. Iya jeng, tadinya sih cuma jalan-jalan aja,refresing jeng, di rumah terus rasanya mau muntah. Lha iya, kemana-mana cuma lihat muka Joy, dia kan lagi liburan, eneg lho jeng, nyebelin.
Ya gimana ya jeng, pengennya sih gak gitu, tapi lama-lama ngelunjak juga tuh anak lho jeng. Coba deh, sudah lima minggu ini dia gak mau jum’atan lho jeng. Gimana coba kalo ada wartawan yang nulis berita kalo anak kepala desa yang nyambi jadi mubaligh itu gak mau jum’atan, mau ditaruh dimana mukaku jeng, nggak deh, tapi jangan cerita-cerita sama temen-temen lho jeng, ya…
Sebenarnya kalo dipikir-pikir aku gak bisa nyalahin anakku sih jeng, ya iya, banyak lo jeng yang terlibat. Jadi gini lho jeng, waktu itu kan Joy jum’atan, itu di masjid yang biasa, yang deket pasar tempel itu lho jeng, tau kan? Nah, khotibnya tu jeng, kata Joy nyebelin buanget, masa khotbah masih pake baca buku gitu jeng, harusnya kan ngarang sendiri, jadi muatannya itu ya up to date gitu. Ini enggak, khotibnya bawa buku khotbah yang sudah kumel gitu, terus cara bacanya juga masih kayak anak abg yang baru belajar membaca, jadi si Joy tu ngantuk jeng. Ya tidur deh jadinya. Udah gitu, waktu sholat jum’atnya itu, surat yang dibaca juga panjang-panjang lo jeng, masa dua rakaat aja nyampek sepuluh ato lima belas menit ya kata Joy itu, kan lama jeng. Ya iya sih jeng, memang kalo mau yang baik harusnya gitu, tapi apa semua orang bisa gitu, makmum kan banyak juga kebutuhannya, ada yang keburu balik ke kantor lagi, ada yang udah janjian makan siang, kan kasihan kalo udah dipesenin makanan orangnya ga dateng—dateng, iya kasihan makanannya jeng, ga fresh lagi. Ada lagi yang sudah ditunggu istrinya yang minta dianterin belanja, yah macem-macem lah jeng kebutuhan orang. Makanya papinya Joy sempat usul, gimana supaya para imam sholat itu disekolahkan lagi, ya paling tidak kursus lah, supaya bisa memahami kebutuhan orang lain. Tapi ya sebatas usul, kata pak takmir masjid itu mah nggaremin laut. Yang namanya imam sholat itu ya orang pilihan, jadi dah ga perlu dikursus kayak anak SMP yang mau ujian itu. Lagian kan yang ngursus paling-paling juga ga berani ngomong macem-macem di depan imam masjid, kalah wibawa gitu jeng kata pak takmir.
Nah itulah jeng, habis sholat kan masih ada apa itu namanya, yang duduk terus komat kamit itu jeng? Mantra..? nah wirid, iya jeng kan masih ada wirid, jadi Joy itu tidur lagi jeng, kebayang nggak sih jeng tidur sambil duduk, kurang kerjaan amat sih tu anak. Disitulah jeng rupanya bencananya dateng, waktu Joy bangun, masjid kan udah sepi ga ada orang gitu, tenyata sandalnya juga ilang. Kurang kerjaan juga ya malingnya, padahal cuma sandal murahan lo jeng, beli di singapura kemaren waktu papinya Joy jalan-jalan. Ya sebenarnya bukan jalan-jalan jeng, itu kan urursan dinas, tapi sekalian jalan-jalan plus shoping jeng. Ah nggak kok, papinya Joy ga suka jajan, kan sudah terima servis dirumah jeng hihihi…udah ah jeng jangan mbahas yang itu, jadi malu nie.
Kok bisa sih jeng, di masjid sandal bisa ilang. Emangnya takmir masjid itu juga seneng comat comot barang orang kali ya..ato barangkali si maling berpikir kalo orang yang masuk masjid itu jelas-jelas ikhlas barang-barangnya dicomot orang. Jengkel juga lho jeng, akhirnya Joy ga mau lagi jum’atan. Sampe sekarang lho jeng, lima minggu. Ada sih jeng masjid lain tapi jauh, papinya Joy udah nyaranin kayak gitu juga, tapi Joy-nya yang gak mau jeng, males ah ntar sandalnya diambil maling lagi katanya gitu jeng. Ya aku sih berdoa jeng minimal jangan sampai deh wartawan tau, harga diri lo jeng taruhannya. Jeng Asih tau kan kelakuan wartawan belakangan ini, minta macem-macem, kalo ga diturutin mau dimuat yang enggak-enggak. Itu fakta lo jeng, ada saudaraku yang sampe gak betah dirumah jeng, gara-gara didatengin wartawan yang ujung-ujungnya minta ongkos bensin. Ya iya sih jeng, tapi itukan aturan tertulis saja, prakteknya belum tentu seperti itu. Aturannya memang gak boleh ya jeng minta-minta duit gtu? Oo..
Tapi kalo dirunut-runut masalahnya, yang salah sebenarnya khotib itu lho jeng, masa khotbah kok pake baca buku usang, dan bacanya kaya orang baca sambil ngelamun gitu jeng, iya bener lho jeng, tanpa intonasi gitu kata Joy. Memang seharusnya ada lembaga seleksinya ya jeng untuk jadi khotib itu, jadi jamaahnya bisa perhatian. Tapi kayaknya yang begini-begini bukan cuma disini lho jeng, malah ada yang dijadiin ajang belajar ngomong sama anak-anak muda yang cita-citanya jadi muballig itu. Kalo aku gini lho jeng, kan kalo khotibnya udah bener, materinya bagus, up to date, penyampaiannya bagus, kan kita gak perlu susah-susah bikin pengajian umum lagi nih. Bapak-bapaknya udah lumayan mendapat pengajaran tiap minggu di majelis jum’atan, begitu juga pemuda-pemudanya, tinggal kaum hawanya yang perlu dibina majelis taklimnya. Kalo bisa gitu kan ngirit anggaran nih jeng, nah anggaran yang buat pengajian akbar itu kan bisa di pake keperluan laen gitu, ya macem-macem jeng, bisa buat pelatihan remaja, buat beasiswa atau yang lain.
Ih jeng asih bisa aja sih, gini-gini aku kan juga sarjana lho jeng. Eh tahu nggak sih, materi ceramah papinya Joy itu jeng, kebanyakan aku yang buat lo jeng, hebat kan hihihi… ih enggak ah, masa aku yang disuruh naik podium, biar papinya Joy aja yang njalanin, ibu-ibu seperti kita ini kan cukup di belakang aja jeng, yang penting jangan lupa servisnya buat suami, biar suami ga ngelirik iistri orang. Ya iyalah jeng, muballigh kan juga manusia. Tut..tut..tut..eh jeng halo.., halo jeng asih.. abis deh pulsanya. Ih papi jangan donk, geli ah….


Jalan Kopi, 21 Juli 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jam Dinding yang Berdetak

Dhoroba Zaidun ‘Amron*

Atheis